7 Hal yang Perlu Dilakukan saat Hasil Test Packmu Positif

Hasil test packmu positif? Pertama, ku mau ucapkan selamat! Selamat datang di masa baru yang seru, masa kehamilan. :D

Kehamilan adalah salah satu proses perjalanan yang hidup yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan halal, baik yang baru menikah maupun yang sudah lama. Namun sering kali, bagi bunda yang baru saja mengalami kehamilan pertamanya, muncul rasa bingung apa yang perlu dan tidak perlu dilakukan. Sang buah hati yang rupanya tak terlihat mata, sering kali membuat semuanya menjadi tebak-tebakan. "Apa benar ada bayi di dalam perutku? Apa dia sehat? Apa sih yang perlu ku lakukan? Boleh ini dan itu gak ya?" dan berbagai pertanyaan lainnya. Agar tidak cemas berlebihan, maka jangan lupa simak 7 hal yang perlu dilakukan saat hasil test packmu positif dibawah ini:

1. Cek kehamilanmu ke dokter spesialis kandungan (Sp.OG)

Untuk apa sih buru-buru cek ke dokter untuk USG? Hal yang paling mendasar adalah untuk memastikan keberadaan si janin di perut bunda. Tapi jangan berharap anda dapat melihat bentuk bayi ya!hehe karena jika kehamilan masih muda, anda hanya akan melihat gumpalan daging bahkan dalam ukuran yang sangat kecil. Setelah dilihat keberadaannya, dokterpun biasanya melengkapi pemeriksaan dengan mengecek detak jantung, dan ukuran janin untuk menentukan HPL (Hari Perkiraan Lahir). Oiya, USG itu banyak jenisnya ya. Ada baiknya bunda pelajari dulu macam-macam USG nya. Namun, jika bunda datang langsung ke dokter tanpa ada keluhan dan penyakit bawaan, biasanya akan dilakukan USG standar. Melalui USG pun bunda bisa melihat apabila ada kelainan seperti tidak adanya kantung kehamilan, atau hamil di luar kantung. Hal-hal tersebut akan berbahaya bagi bunda jika tidak segera dilakukan tindakan.

2. Banyak makan bergizi dan minum air putih.

Jika bunda sudah dipastikan kehamilannya, maka sudah seharusnya bunda semakin memperhatikan badan bunda ya bun. Bunda tak lagi makan dan minum untuk kebutuhan sendiri, tapi juga untuk kebutuhan sang buah hati. Ia didalam tak bisa minta makan dan minum loh bun! hehehe Sedangkan, satu-satunya sumber kehidupannya adalah plasenta yang terhubung langsung dengan badan bunda. Jadi harus dari kesadaran dan kemauan bunda untuk banyak makan makanan bergizi dan minum air putih. Di awal kehamilan pada beberapa orang, memang ada kendala seperti mual dan muntah yang sedikit menyulitkan proses makan dan minum. Namun, anda harus tetap berusaha untuk makan dan minum saat rasa mual dan muntah sedang tidak datang. Maksimalkan waktu yang ada untuk memberikan gizi terbaik. Makanlah makanan dengan gizi lengkap dan seimbang. Karbohidrat, protein dan sayur harus ada di tiap waktu makan. Buah juga harus menjadi menu tambahan yang harus ada tiap harinya. Air putih minimal 2 liter tiap hari insya Allah cukup untuk bunda dan sang janin. Jika biasanya bunda mengkonsumsi teh dan kopi, sebaiknya mulai dikurangi karena zat tersebut kurang bermanfaat untuk anda.

3. Konsumsi vitamin dengan rajin dan konsisten

Kebutuhan gizi ibu hamil memang lebih besar dari orang yang tidak hamil. Maka, meskipun sudah makan makanan yang bergizi, ada baiknya bunda pun mengkonsumsi vitamin. Biasanya dokter akan memberikan saran vitamin seperti asam folat, kalsium, dan penambah darah jika dibutuhkan. Anda juga bisa melengkapi dengan multivitamin yang sudah lengkap kandungannya. Jangan lupa konsultasikan kepada doktermu jika bunda memiliki penyakit bawaan seperti magh akut, anemia, hipertensi dan lain lain. Sehingga dokter bisa lebih aware dan bisa saja diberikan vitamin tambahan untuk berjaga-jaga. Andapun harus rajiin dan konsisten dalam minum vitamin. Mungkin membayangkannya saja sudah bosen, harus minum vitamin selama sembilan bulan. Tapi hal itu akan terbayar jika akhirnya bunda dapat melihat anak kandung bunda lahir dengan sehat dan tanpa penyakit bawaan karena asupan baik yang selalu diterimanya dari dalam kandungan.

4. Hindari rokok, minuman beralkohol dan obat-obatan berbahaya.

Sekali lagi, anak yang ada dalam kandungan belum bisa memilih zat apa saja yang dikonsumsi. Bundalah yang berperan dalam memilih makanan yang baik dan halal untuk sang janin. Rokok, minuman beralkohol dan obat-obatan berbahaya tentu saja tidak baik dikonsumsi. Selain tidak adanya gizi yang bermanfaat, hal-hal tersebut dapat membahayakan janin. Kerusakan fisik dan keguguran menjadi ancaman yang nyata. Maka seriuslah untuk menghindari ini.

5. Cari ilmu sebanyak mungkin

Perjalanan hamil adalah perjalanan yang cukup singkat namun padat. Janin berkembang dengan sangat cepat. Selama sembilan bulan ia berproses dari segumpal darah menjadi manusia utuh. Banyak sekali hal yang perlu diperhatikan seiring berjalannya usia. Bunda harus tahu kapan waktu kontrol, apa saja yang perlu ditanya dan dicari tahu soal janin saat bertemu dokter. Tanyakan yang perlu ditanyakan sesuai dengan usia kandungannya. Jika bunda diberikan vitamin tambahan, tanyakan juga terkait fungsinya. Agar bunda lebih aware terhadap pentingnya vitamin tersebut. Kalau perlu, catat hal-hal penting yang agar tidak terlewat. Selain bertanya langsung pada dokter dan bidan, bunda juga perlu menambah informasi dengan banyak membaca. Bunda bisa mulai download berbagai aplikasi kehamilan, follow akun-akun instagram yang berisi informasi seputar kehamilan, membaca web, atau bahkan menonton video YouTube. Ilmu di era sekarang ini semakin mudah ditemukan, tapi kita memang harus berhati-hati dalam menerima ilmu. Carilah lebih dari satu referensi agar lebih lengkap dan tidak hanya termakan opini dari satu pandangan saja. Oiya, banyak juga loh dokter yang punya akun-akun untuk berbagi ilmu yang mereka punya secara gratis. Ayo ditengok dan manfaatkan sebaik mungkin!

6. Cari teman seperjuangan

Saat bunda telah dinyatakan hamil, artinya bunda sudah masuk ke fase baru. Akan banyak sekali aktifitas dan hal-hal baru yang bunda alami. Bunda akan butuh teman baru yang memiliki pengalaman dan fokus yang sama. Teman ini bisa menjadi tempat bercerita dan berbagi info tambahan jika bunda ada yang terlewat. Mereka juga bisa menjadi penyemangat apabila bunda mengalami hal-hal yang mungkin di luar kendali. Mereka pasti punya empati yang lebih besar dibanding teman yang lain, karena mereka pun mengalami hal yang sama, yakni kehamilan, yang sama-sama tahu rasanya tidak selalu mudah. Dengan adanya teman seperjuangan, bunda tidak akan merasa sendiri. Darimana sih bisa dapat teman seperjuangan? Bunda bisa ikut masuk ke komunitas-komunitas ibu hamil dari web, instagram atau bahkan klinik / RS tempat bunda kontrol. Biasanya mereka punya tempat komunikasi intens untuk saling mendukung, baik melalui web , WhatsApp, Telegram atau yang lainnya. Keuntungan lainnya, biasanya komunitas itu juga melibatkan tenaga kesehatan baik bidan ataupun dokter yang bisa ditanya sewaktu-waktu untuk hal-hal yang sederhana. Namun jika diperlukan, bunda tetap harus memeriksakan kehamilan secara langsung.

7. Tidak perlu terlalu cemas.

Bunda, selagi semua hasil pemeriksaan normal, maka bersyukurlah dan tenanglah. Pikiran dan hati yang tenang juga dibutuhkan janinmu agar ia ikut tenang. Karena janin akan merasakan emosi yang bunda rasakan. Upayakan untuk selalu positive thinking dan nikmatilah peran barumu :)

Sekian 7 hal yang perlu bunda lakukan saat bunda hamil. Ku berdoa semoga kehamilan bunda saat ini selalu lancar, diberikan kesehatan dan kelancaran. Aamiiin..

Semoga info ini bermanfaat dan jangan lupa share info ini untuk ibu-ibu hamil lainnya jika bunda rasa ini bermanfaat. See you on the next post! :)


-Bunda Rausyan-

Posting Komentar

0 Komentar