MPASI 4 Bintang dan 4 Kuadran, Apa Bedanya?






Oleh: Bunda Rausyan (Instagram @rabiatulawaliyah)

JIKAJADIBUNDA - Halo moms! Kali ini, Bunda akan membahas tentang MPASI (Makanan Pendamping ASI). Yaitu, makanan yang dikonsumsi anak mulai dari usia 6 bulan hingga 2 tahun. Kenapa perlu makanan gak cuma ASI? Karena, kandungan gizi pada ASI akan berkurang saat bayi berusia 6 bulan, maka perlu ada tambahan nutrisi mikro dan makro yang berasal dari makanan.

Kenapa disebut “pendamping”? Karena, makanan ini perannya membersamai ASI, bukan menggantikan asi. Jadi, bayi yang tadinya hanya mengkonsumsi ASI selama 6 bulan, selanjutnya masih harus minum ASI dan didampingi makanan agar kebutuhan gizinya tercukupi.

Untuk beberapa orang tua yang sedang mempersiapkan segala hal tentang MPASI, bunda akan sering mendenger istilah menu MPASI 4 Bintang dan MPASI 4 Kuadran. Sebenarnya apa bedanya sih? Mari disimak.

Bunda disini akan sharing tentang MPASI sesuai arahan WHO ya, yaitu lembaga kesehatan dunia. Karena eh karena, mereka sudah pasti ahli dan paham makanan seperti apa yang dibutuhkan untuk anak.

Nah, pertama bunda akan membahas MPASI 4 bintang. Yaitu, menu makanan yang terdiri dari 4 unsur gizi, yaitu karbohidrat (beras, jagung, dan umbi-umbian), protein hewani (daging, telur dan hati ayam, daging sapi, dll), protein nabati (kacang-kacangan), dan sayur/buah.

Menu MPASI 4 Bintang

Sekarang bunda akan bahas MPASI 4 Kuandran (arahan WHO). Yaitu menu makanan yang terdiri dari 4 unsur gizi, yaitu karbohidrat, protein (utamakan protein hewani), sayur/buah, dan lemak. Protein nabati memang tidak dimasukkan, tapi boleh kok dengan porsi yang sedikit saja ya! Karena lambung bayi masih kecil, akan lebih baik jika terisi dengan protein hewani yang sangat baik untuk tumbuh kembangnya. Untuk protein nabati bisa dimasukkan ke dalam menu cemilan, misalnya bubur kacang hijau, edamame rebus, dll.

Sudah terlihat perbedaannya? Jadi, MPASI Kuadran mewajibkan lemak ada dalam setiap porsi makan bayi. Karena lemak merupakan zat gizi yang penting untuk membatu perkembangan bayi. Sama hal nya dengan ASI yang sebagian besar berisi lemak. Berbeda dengan 4 bintang yang tidak mewajibkan lemak.

Lemak apa saja sih yang bisa dipakai untuk MPASI? Lemak itu bisa berasal dari minyak kanola, minyak goreng, mentega, UB (unsalted butter), margarin, EVOO, ELOO, dll. Lemak bisa ditambahkan langsung ke piring saji sesaat sebelum makan, atau bisa juga dipakai untuk menumis/menggoreng.

Menu MPASI 4 Kuadran


Menu MPASI 4 Kuadran


Jadi, lebih bagus mana MPASI 4 bintang atau 4 kuadran? Bunda sih merekomendasikan moms semua untuk pakai yang 4 kuadran. Karena lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan bayi. Dengan harapan, berat badan bayi bisa terus meningkat dan bayi selalu dalam keadaam sehat.

Sekian sharing bunda untuk kali ini, banyak-banyaklah belajar, tapi jangan lupa untuk praktik. Besok langsung masak menu 4 kuadran yaa! Semoga anaknya lahap, see you!

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~ :))

    BalasHapus