5 Hal yang Perlu Dipersiapan untuk Mewujudkan Resepsi Pernikahan Impian

Pernikahan Impian


Oleh: Bunda Rausyan (IG: @rabiatulawaliyah)

Halo para calon ibu.

Selamat datang di web jikajadibunda. Sumber belajar calon ibu dan ibu muda.

Untuk postingan pertama ini, bunda mau sharing nih, apa aja sih yang diperluin sama kalian yang akan melakukan resepsi pernikahan.

Mungkin teman-teman sudah sering lihat resepsi pernikahan itu seru, ramai dan menyenangkan. Resepsi pernikahan juga menyajikan hidangan enak, dekorasi yang mewah sampai hiburan yang asyik. 

Untuk kalian yang baru mau menikah, pasti memimpikan resepsi pernikahan yang paling spesial, karena hari itu adalah hari bersejarah dan harapannya hanya berlangsung satu kali seumur hidup.

Tapi gimana sih caranya biar resepsi pernikahan kalian tu nanti spesial? Nih, bunda punya 5 hal yang perlu kamu persiapkan:

1. MUA yang up to date dan bisa menyesuaikan selera


Make up artist

Resepsi pernikahan adalah hari dimana kamu dan dia menjadi ratu dan raja seharian. Jangan sampai pemilihan make-up artist yang kurang tepat mengganggu penampilanmu. Pilihlah MUA yang up to date. Yaitu mereka yang paham akan tren make up yang lagi hits. Seperti contohnya beberapa tahun lalu mulai ada tren make up nude dan kemudian muncul tren glowing. Gak ada salahnya kalau kamu cek-cek dulu social media/gallery MUA yang mau kamu pilih untuk memastikannya ya! Selanjutnya, pilih juga MUA yang bisa menyesuaikan seleramu. 

Mungkin kamu suka nude, tapi tetap ada nuansa pink dan girly. Atau kamu mau nuansa tradisional tapi tetap sentuhan make up modern. Carilah MUA yang mampu menerima request-an kamu itu. Ajak ngobrol dan ungkapkan keinginan-keinginanmu jauh-jauh hari biar kamu bisa tahu, dia mampu mewujudkan impianmu atau gak. Kalau gak, gausa ragu untuk pindah ke MUA lain. Karena, balik lagi, kamu adalah ratu sehari. Harusnya, apa yang kamu suka, bisa kamu wujudkan di sana.

2. Tempat yang nyaman

Pesta di rumah

Rumah kalian punya halaman luas? Beruntungnya kalian ga perlu repot-repot cari tempat untuk resepsi pernikahan. Karena rumahmu adalah tempat ternyaman. Kamu gak perlu jauh-jauh survey lokasi sebelum acara, melihat dan memantau dekorasi, bahkan tak perlu khawatir jika pada hari H kamu perlu ke kamar mandi. Kamu pasti akan merasa sangat nyaman. Sesaat setelah acara selesaipun kamu bisa langsung berisirahat di kamarmu. Trus kalo halaman rumahnya gak luas gimana? Maka, carilah tempat resepsi pernikahan yang nyaman. Kamu bisa pilih lokasi yang mungkin tidak terlalu jauh dari rumah agar mobilitas tidak terlalu melelahkan dan memakan waktu. 

Pilihlah juga tempat yang luas. Perhatikan sumber cahaya dan sumber udara. Jika kamu memilih gedung yang tertutup, pastikan kamu menyewa AC agar tempatmu bisa sejuk. Pilihlah juga gedung yang memiliki langit-langit yang cukup tinggi. Karena nanti akan banyak orang yang berkumpul dalam ruangan, maka perlu adanya space udara yang cukup. Perhatikan juga lokasi ruang make up, ruang ganti dan toilet. Jika mau outdoor? Boleh aja jika itu memang impianmu. 

Selain keindahan background yang alami, pilihlah lokasi yang tidak terlalu jauh dengan gedung. Sebagai pencegahan jika sewaktu-waktu cuaca sedang tidak bersahabat, acaramu masih bisa tetap berjalan di dalam gedung. Pokonya, jangan sampai kamu dan keluarga tidak nyaman karena lokasi terlalu jauh, sarana tidak memadai, dan lain lain. Ingat, ini hari terbaikmu!

3. Dekorasi yang sesuai tema

Tema rustic
Jika sudah memilih tempat yang sesuai, pilihlah dekorasinya. Mau tema rustic, internasional, tradisional atau yang lainnya. Dekorasi dimulai dari panggung pelaminan. Pilihan latar belakang, perpaduan warna bunga, pemilihan kursi dan aksesoris lain menjadi sangat penting karena pelaminan akan menjadi pusat perhatian semua yang hadir dalam acaramu. Jika kamu akan memilih nuansa alam, pilihlah latar belakang hijau yang bersumber dari dedaunan, dan kursi kayu. 

Jika kamu hendak memilih dekorasi modern dan mewah, pilihan warna putih, latar belakang bernuansa eropa dan kursi dengan aksen istana sangat cocok. Jangan lupa seusaikan dekorasi dengan lokasimu. Jika lokasimu tidak terlalu luas, dekorasi minimalispun bisa menjadi pilihan. Yang terpenting, utarakanlah keinginanmu kepada vendor yang menyediakan jasa dekorasi agar kamu tidak menyesal.

4. WO yang bisa diajak kerja sama


Master of ceremony
Ini yang gak kalah penting. Wedding organizer merupakan orang-orang yang akan mengatur jalannya acara resepsi pernikahanmu. Mereka merupakan orang-orang yang akan menjalankan impianmu agar menjadi nyata. WO bertugas memiilih vendor yang akan bekerja sama dalam acaramu. WO jugalah orang-orang yang akan berperan saat acara. Mereka akan menjadi time keeper agar tiap rangkaina dapat berjalan sesuai rencana, mereka juga akan memantau makanan, tamu, dekorasi dan semua hal yang tidak akan sempat kamu lakukan saat hari H. 

Sering-seringlah berkomunikasi agar WO tau apa yang kamu mau. Jaman sekarang, hari-hatilah memilih WO. Seiring dengan menjamurnya bisnis WO, ada saja pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan itu. Mereka menawarkan harga murah dengan janji yang keren. Kita patut curiga jika service yang ditawarkan merupakan hal yang bagus tapi harga yang ditawarkan sangat rendah. Jadi, pilihlah WO yang bisa diajak kerjasama, karena mereka merupakan kepanjangan tanganmu. PIlihlah WO yang dapat diajak berdiskusi, dapat memberi ataupun menerima masukan. 

5. Satukan ide dengan calon pengantin pria dan keluarga


Terakhir, tapi yang paling penting, yaitu menyatukan ide dengan calon pengantin pria dan keluarganya. Pernikahan merupakan proses bersatunya dua keluarga besar. Maka alangkah baiknya jika hal-hal yang berkaitan dengan pernikahan selalu atas hasil musyawarah kedua belah pihak. Termasuk didalamnya resepsi pernikahan ini. Cobalah kemukakan semua yang telah kamu pikirkan dan impikan. Mintalah pendapat dari dia dan keluarganya. Mintalah juga saran dan masukan agar dia dan keluarga pun merasa memiliki acara ini karena turut menyampaikan ide didalamnya. 

Jangan lupa, bukalah pikiranmu agar mampu menerima masukan. Saat kamu sudah yakin untuk masuk ke jenjang pernikahan, artinya kamus udah siap untuk selalu berbagi dan bekerjasama dengan si dia. Terimalah masukannya jika memang dibutuhka. Dengarkan dia karena diapun punya selera dan impian yang mungkin belum kamu tahu.

***

Itulah tadi 5 hal yang perlu kamu persiapkan untuk mewujudkan resepsi pernikahan impianmu. Persiapkanlah sebaik mungkin. Karena jika tidak, alih-alih mewujudkan acara impian, malah menjadi acara yang cuma jadi impian. Jangan sampai yaa! 

Posting Komentar

0 Komentar