Nyobain Fitur Clean & Fix pada Aplikasi Grab


 "Yah, kita belum service AC nih. Terakhir waktu Rausyan 7 bulan, sekarang udah 1 tahun."

Itu kalimat pembuka obrolanku malam kemarin. Aku cukup kepikiran karena AC di rumah sudah lama tidak dibersihkan. Aku hanya takut berefek buruk pada udara yang kami hirup. Tapi keinginanku itu selalu tertunda karena banyak hal. Salah satunya karena pengalaman service AC sebelumnya itu sangat tidak memuaskan.

Gini ceritanya.. Dulu aku menghubungi customer service resmi SH*RP untuk minta dikirimi teknisi. Tapi karena lokasi ku yang terlalu jauh dari kantornya, mereka tidak menyanggupi. Merekapun mengoper aku pada partner mereka. Katanya sih, SH*RP sering kerjasama sama mereka kalau memang tidak menyanggupi. Baiklah, ku pikir ini cukup terpercaya. Si orang tersebutpun menghubungi suamiku lewat WhatsApp untuk janjian hari, jam dan info lokasi. Kami pun bertanya soal biaya, agar kami bisa siapkan uang cash. "Rp80.000 sudah termasuk cairan pembersih, pak." katanya. Wah cukup terjangkau, pikirku saat itu.

Tibalah hari yang ditunggu. Ia datang berdua, membawa peralatan seperti mesin air, selang, kabel rol, dan plastik. Setelah bertegur sapa, kami langsung arahkan mereka ke kamar. Mereka pun memasang kabel untuk mesin air, dan membuka AC untuk kemudian disemprot dan dibersihkan. Tak lupa ia memasang plastik untuk mengaliri air buangannya. Oiya, lupa. Ia juga meminta cairan pencuci piring. Aku sedikit kaget "Buat apa??". Setelah ku perhatikan, ternyata dia meneteskan itu di ember yang digunakan untuk membersihkan AC. "Lah katanya cairan pembersih sudah disediakan pak?? -_-" kataku dalam hati.  Satu dua menit ku menunggu, tapi pengerjaannya terlihat sangat lambat dan tidak profesional. Mulai dari mesin airnya mati dan butuh waktu untuk memperbaikinya, hingga plastiknya bocor sehingga ada air yang mengotori dinding kamar.

Tidak sampai situ, saat selesai membersihkan AC, mereka melaporkan bahwa tadi mereka mengisi freon. Kami cukup bingung, masa AC baru 5 bulan pemasangan sudah perlu diisi freon?? "Memang kalau AC baru itu diisi freon hanya setengah, jadi tadi kami isi full" begitu jawabnya. Kami yang kurang paham pun manut saja. Tapi kami tetap tidak lega dengan jawaban itu. Terlebih saat kami melihat nota yang harus kami bayar; Rp300.000. Hah??? kaget doong. Tapi kami tidak bisa berbuat apa-apa. Semua sudah selesai. Kami hanya bisa bayar dengan sedikit kesal.

Setelah lima bulan berlalu, akhirnya kami beranikan diri lagi untuk mencuci AC. Dan secara tecara tidak sengaja, aku melihat ada fitur Clean & Fix di aplikasi Grab. Yaitu fitur penyedia jasa membersihkan dan memperbaiki alat elektronik yang bekerjasama dengan sejasa.com. Dan aku langsung berfikir "Kalau dari aplikasi Grab, pasti terpercaya nih. Setidaknya, kalau dia tidak memuaskan, aku bisa komplain dan memberi penilaian jelek" pikirku.

Setelah ku berdiskusi dengan suami untuk menentukan hari yang pas, aku langsung pesan melalui aplikasi. Pertama aku masuk ke aplikasi Grab. Kemudian pilih fitur Clean & Fix. Kemudian pilih Service AC. dan pilih jasa bersihkan AC 1/2 PK, terakhir aku tentukan jadwal yang ku mau. Dari aplikasi, ku bisa terlihat jasa yang ditawarkan cukup murah yaitu hanya Rp75.000.

Setelah pesananku selesai, aku langsung mendapat info teknisi yang akan datang. Teknisi itu pun menghubungiku lewat WhatsApp untuk meminta share location. Dari caranya bicara saja sudah sopan. Terlihat sekali profesionalnya Grab disana. Aku pun semakin tak sabar menunggu teknisi itu datang besok pukul satu siang sesuai jadwal yang ku pilih.

Keesokan harinya, pukul 12.26 WIB, teknisi itu menghubungi ku untuk mengkonfirmasi kedatangannya. Tak sampai setengah jam, ia dan temannya sudah sampai di rumahku. Wah, keren sih ini. Bukan cuma on time, tapi in time. Ku melihat keprofesionalitasan lagi disini.

Setelah bersapa sebentar, kami langsung tunjukkan kamar yang dituju. Ia langsung memasang tangga yang menurutku cukup bagus. (gak kaya teknisi sebelumnya yang ga bawa tangga). Setelah itu ia mencopot tutup AC dan memasang plastik. Ku perhatikan pemasangannya pun rapi. Pengerjaannya sangat cepat. Setelah selesai, giliran temannya membersihkan bagian AC luar. Tidak jauh berbeda, ia cepat dan cekatan.

Setelah semua selesai, hasilnya kembali bersih dan rapi. Kami pun tidak perlu mendapat nota karena ku telah membayar melalui OVO yang terhubung di Grab. Aku masih sedikit kepikiran soal freon. Daripada penasaran, ku tanya lah ke teknisinya. "Pak, freon nya gak diisi?" tanyaku. "Masih dingin kan? Tidak perlu bu. Lagi pula ini AC baru kan? Baru satu tahun. Freon biasanya bisa tahan bertahun-tahun kok." jawabnya. Haaaaa?? aku kaget dong. "Terus yang kemaren diisi sama teknisi itu apa? katanya perlu diisi." aku melanjutkan. "Ah itu permainan teknisinya aja bu berarti." katanya. Waaaaah bener-bener parah deh yang waktu itu.

Keputusan kami untuk menggunakan jasa Clean & Fix di Grab ternyata sangat tepat. Teknisi yang datang sangat profesional, dan kami pun nyaman karena jasa sesuai permintaan. Tidak ada yang dilebihkan apalagi dicurangi. Pokonya aku puas banget. Full bintang langsung ku kasih di aplikasi. Eh btw, bentuknya penialiannya bukan bintang, tapi semacam kuisioner dan pilihan jawabannya itu bertingkat. Pertanyaannya soal ketepatan waktu datang, ketepatan pekerjaan, dan apa lagi ya lupa aku hehe. Dan sudah pasti ku pilih puas semuanya.

Buat kalian yang mau service AC, ini rekomen banget sih. Berhubung kita masih dalam masa pandemi, yang mana kita perlu banget ada #dirumahaja, jadi manfaatkanlah waktunya untuk service barang barang yang sekiranya sudah lama tak terawat. Lumayan bisa bantu perekonomian para teknisi juga kan..Eh iya, Clean & Fix ini punya layanan lain juga loh, bisa service mesin cuci dan juga kulkas. Coba deh intip sendiri harganya, ku yakin ini lebih irit dibanding harus ke teknisi yang belum jelas di luaran sana.

Sekian review dari kami, semoga bermanfaat ya! Jangan lupa dirumahaja dan jaga kesehatan! :)

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Waaaah terima kasi infonyaaa mom eraaa 💙

    BalasHapus
  2. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q.ME
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    BalasHapus